Penyebab Rem Timbul Bunyi

Penyebab Rem Timbul Bunyi - Hallo sahabat Info Otomotif | Tips Otomotif | Info Mobil | Berita Otomotif | Tips Mobil, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Rem Timbul Bunyi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab Rem Timbul Bunyi
link : Penyebab Rem Timbul Bunyi

Baca juga


Penyebab Rem Timbul Bunyi


Rem merupakan komponen kendaraan yang sangat vital. Rem berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan atau menghentikan kendaraan. Karena rem berperan sangat vital, maka perlu adanya perawatan agar peforma rem menjad maksimal.

Salah satu  masalah yang sering terjadi  pada rem adalah rem yang bunyi. Rem yang menimbulkan bunyi akan mengganggu konsentrasi pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Meskipun rem terasa enak atau masih pakem, tapi apabila timbul bunyi akan sangat mengganggu.



Lalu, apa penyebab dari rem yang bunyi itu? Ada beberapa alasan mengapa rem menjadi bunyi.

Pertama adalah karena kampas rem yang habis. Kampas rem yang habis akan membuat rem menjadi bunyi. Bunyi berupa gesekan besi diskbrake atau tromol dengan besi pada kampas rem. Solusi untuk masalah ini adalah ganti kampas rem dengan yang baru.

Kedua, penyebab rem bunyi adalah kampas rem yang tidak original alias imitasi. Kenapa kampas rem yang imitasi bisa menimbulkan bunyi? Meskipun tidak semua kampas imitasi bisa menyebabkan bunyi, tapi memang kampas yang imitasi sangat berpotensi menimbulkan  bunyi, ini karena kampas rem imitasi biasanya bahan materialnya lebih keras dari pada yang original.

Kampas rem yang keras akan menyebabkan gesekan antar bidang di diskbrake atau tromol dengan kampas menjadi keras juga. Ini yang bisa menimbulkan bunyi yang mengganggu bagi pengemudi.
Kerugian pakai kampas imitasi selain dapat menimbulkan bunyi juga akan membuat diskbrake atau tromol  cepat aus dan menipis karena karena kampas rem yang keras.

Ketiga, penyebab rem bunyi  karena adanya kotoran yang menyelip diantara kampas rem dan disbrake atau tromol. Kotoran bisa berupa debu yang keras atau kerikil kecil. Jika hal tu terjadi maka bersihkan rem yang timbul bunyi tadi dari kotoran yang mungkin menyelip di sela sela kampas rem dan diskbrake atau tromol tadi.

Yang keempat, bisa jadi juga rem yang bunyi disebabkan karena rem nya macet. Rem yang macet akan terus menekan diskbrake sehingga akan timbul terus gesekan yang bisa menyebabkan timbul bunyi, selain itu rem yang macet tadi juga akan panas. Karena rem macet maka kendaraan akan terasa lebih berat dari biasanya karena membutuhkan tenaga ekstra untuk menggerakkan roda yang rem nya macet.

Untuk rem yang macet, harus dilakukan overhaul atau pembongkaran rem yang macet tadi. Biasanya rem macet karena komponen piston rem nya mulai berkerak dan kotor. Solusinya bersihkan rem tersebut dan ganti  part atau seal yang sudah jelek.




Demikianlah Artikel Penyebab Rem Timbul Bunyi

Sekianlah artikel Penyebab Rem Timbul Bunyi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab Rem Timbul Bunyi dengan alamat link https://otomotiflazada.blogspot.com/2017/04/penyebab-rem-timbul-bunyi.html

0 Response to "Penyebab Rem Timbul Bunyi"

Posting Komentar