Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating

Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating - Hallo sahabat Info Otomotif | Tips Otomotif | Info Mobil | Berita Otomotif | Tips Mobil, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel mesin, Artikel overheating, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating
link : Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating

Baca juga


Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating



Overheating adalah kondisi dimana suhu mesin terlalu panas karena adanya masalah pada sistem pendingin pada mesin. Jika terjadi panas yang berlebih pada mesin maka jarum indikator suhu pada dashbord akan naik. Atau indikator H (HOT) akan berkedip atau menyala untuk mobil  yang indikator suhu mesinnya sudah digital.

Apa sih yang bisa menjadi penyebab mesin mobil overheating?

Ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebab terjadinya overheating pada mesin mobil, tapi pada intinya yang menjadi penyebab dari overheating adalah di sistem pendinginnya. Penyebabnya bisa air radiator yang berkurang atau bahkan habis. Air radiator yang berfungsi sebagai pemindah panas mesin sangat vital bagi mesin mobil, jika air radiator kurang maka suhu mesin akan naik.

Penyebab air radiator yang habis biasanya dikarenakan ada saluran yang bocor pada sistem pendingin. Kebocoran bisa terjadi di radiator, water pump, selang-selang ataupun pipa yang dilewati oleh coolant atau air radiator. Bisa juga terjadi kebocoran di packing head dan juga blok mesin akibat korosi.





 Penyebab lainnya juga bisa terjadi kerusakan pada komponen seperti water pump,termostat,  tutup radiator, ataupun motor fan. Water pump berfungsi untuk memompa air radiator agar bersirkulasi di sistem pendingin mesin. Water pump biasanya rusak pada pada bagian baling-baling yang sudah keropos.

Termostat bisa juga menjadi penyebab suhu mesin menjadi meningkat. Termostat berfungsi untuk mengatur sirkulasi saat mesin masih kondisi dingin atau saat mesin sudah dalam temperatur kerjanya. Jika termostat tidak membuka pada saat mesin sudah panas maka air radiator di dalam mesin tidak dapat bersirkulasi melewati radiator sehingga proses pendinginan air tidak terjadi. Overheating pun dapat terjadi.

Tutup radiator juga sangat penting dalam sistem pendinginan pada mesin mobil. Jika rusak maka suplai air ke radiator bisa terganggu.

Motor fan berfungsi untuk mendinginkan cairan pendingin yang ada di radiator dengan cara menghembuskan udara lewat balingnya. Jika motor fan mati maka suhu cairan pendingin di radiator tidak mengalami pendinginan. Akibatnya overheating pun bisa terjadi.

Untuk menghindari overheating pada mesin, selalu perhatikan indikator suhu mesin di dashbord mobil. Jika indikator suhu menyala atau jarum suhu naik drastis segera hentikan kendaraan dan matikan mesin. Periksa kondisi sistem pendinginannya. Mulai dari air radiator apakah berkurang atau ada motor fan yang mati.

Dengan mematikan mesin diharapkan kondisi mesin menjadi dingin lagi dan tidak akan merusak komponen mesin lainnya akibat panas yang berlebih. Jangan menunggu mesin mogok baru berhenti karena itu sudah terlambat. Mesin mungkin sudah terlanjur overheating.

Akibat jika mesin mengalami overheating adalah tenaga mesin akan ngempos, getaran mesin akan lebih terasa, mesin bisa terasa seperti pincang. Hal tersebut terjadi karena komponen silinder head yang memuai sehingga permukaan dari silinder head tidak rata lagi. Karena silinder head tidak rata kompresi mesin bisa bocor melalui celah antara silinder head dan silinder blok akibat kepanasan. Selain itu cairan pendingin juga bisa masuk keruang bakar sehingga mengganggu proses pembakaran. Kalau hal tersebut terjadi maka silinder head harus diperbaiki.



Demikianlah Artikel Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating

Sekianlah artikel Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating dengan alamat link https://otomotiflazada.blogspot.com/2017/08/ini-nih-penyebab-mesin-mobil-overheating.html

0 Response to "Ini Nih Penyebab Mesin Mobil Overheating"

Posting Komentar