Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil

Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil - Hallo sahabat Info Otomotif | Tips Otomotif | Info Mobil | Berita Otomotif | Tips Mobil, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel mesin, Artikel mobil, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil
link : Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil

Baca juga


Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil


Pernahkan mobil sobat ada bunyi berisik di mesin? Bunyi yang kasar memang sangat mengganggu telinga pengemudi atau penumpang yang ada di dalam mobil.

Bahkan bila suaranya sangat keras itu juga akan mengganggu orang atau kendaraan di sekitar mobil kita.

Area mesin adalah area yang komplek jadi penyebab bunyi di mesin sangat banyak. Harus pintar dalam memilih atau mendengarkan di bagian mana bunyi tersebut berasal.

Biasanya bunyi sering muncul area drivebelt (fanbelt). Di area drivebelt memang ada beberapa komponen yang menjadi potensi dari bunyi  di area mesin.

Drivebelt atau fanbelt adalah semacam sabuk yang menghubungkan putaran pada crankshaft ke beberapa komponen di mesin, seperti alternator, kompresor AC, dan water pump.




Penyebab area drivebelt atau fanbelt timbul bunyi

Ada beberapa hal yang sering memicu timbulnya bunyi pada area drivebelt. Pertama bisa jadi bunyinya bisa berasal dari drivebelt atau fanbelt itu sendiri. Biasanya jika drivebeltnya yang bunyi terdengar suara berdecit citt..citt..

Lalu kenapa drivebelt bisa berbunyi? Pertama mungkin kondisi drivebelt atau fanbelt nya sudah jelek. Drivebelt yang sudah jelek ditandai dengan drivebelt yang mulai mengalami retak-retak pada sisi bagian dalam nya.

Bisa juga drivebelt yang jelek karena drivebelt terpapar atau terkena oli akibat dari adanya kebocoran oli mesin atau kebocoran oli lainnya pada area di sekitaran drivebelt sehingga olinya mengenai drivebelt. Karena terkena oli maka drivebelt bisa menjadi selip dan mengeluarkan bunyi.

Jika bunyi karena drivebelt yang mulai retak-retak maka solusinya yaitu dengan mengganti drivebelt atau fanbelt dengan yang baru.

Jika bunyi akibat dari drivebelt yang terkena oli maka bisa dicoba terlebih dahulu dengan mencuci drivebelt tersebut agar oli yang menempel bisa hilang. Selain itu penyebab kebocoran juga harus ditangani terlebih dahulu, agar nantinya tidak mengenai drivebelt lagi. Dan juga bersihkan pulley-pulley yang terkena oli. Jika bunyi masih cit-citan, maka drivebeltnya harus diganti karena mungkin terlanjur melar karena terkena oli tadi.

Penyebab lain drivebelt timbul bunyi mungkin bisa berasal dari laker-laker atau bearing yang digerakkan oleh drivebelt tadi, seperti bearing pada alternator, pompa power steering, atau bearing pada tensioner, pulley kompresor AC, atau bisa juga dari water pump,dll.

Untuk bisa mengetahui sumber bunyi bisa dengan cara melepas drivebelt terlebih dahulu lalu putar dan rasakan dengan tangan apakah ada laker-laker  atau komponen yang berputarnya berasa kasar atau keras.

Jika diketemukan penyebabnya, komponen penyebab dari bunyi tersebut bisa diganti dengan komponen yang baru.



Demikianlah Artikel Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil

Sekianlah artikel Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil dengan alamat link https://otomotiflazada.blogspot.com/2017/12/mengatasi-bunyi-area-drivebelt-atau.html

0 Response to "Mengatasi Bunyi Area Drivebelt Atau Fanbelt Mobil"

Posting Komentar