Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima

Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima - Hallo sahabat Info Otomotif | Tips Otomotif | Info Mobil | Berita Otomotif | Tips Mobil, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima
link : Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima

Baca juga


Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima


Tak dapat dipungkiri rem merupakan sistem wajib yang harus ada pada kendaraan. Rem  sangat penting karena berfungsi mengontrol kecpatan, untuk menahan laju kendaraan atau untuk berhenti. Bayangkan kendaraan yang tanpa menggunakan rem, akan sangat berbahaya. Agar rem berfungsi sebagaimana mestinya diperlukan perawatan pada komponen sistem rem.

Ada 2 sistem rem yang umum digunakan saat ini, rem konvensional yang menggunakan kabel sebagai penghubung handle/pedal untuk menggerakkan  kampas rem. Dan sistem hidrolik yang menggunakan cairan atau minyak rem sebagai media untuk meneruskan tenaga pengereman ke kampas rem dilanjutkan ke roda roda.



Yang akan dibahas kali ini adalah sitem rem hidrolik yang sudah lebih banyak digunakan daripada dengan sistem konvensional (pakai olor /kabel). Lalu bagaimana agar kondisi rem selalu prima?

Hal yang pertama dilihat yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil adalah level minyak rem di reservoir/ tempat penampung minyak rem. Pastikan level atau ketinggian dari minyak rem sudah tepat. Biasanya di reservoir ada tanda garis tanda dimana ketinggian minyak rem harus berada di antara keduanya. Atau mungkin ada tulisan up atau low di reservoirnya.

Setelah melihat level atau ketinggian minyak rem, lihat juga kondisi atau warna dari minyak rem tersebut. Apakah sudah mulai kotor yang ditandai dengan mulai gelapnya warna dari minyak rem. Jika sudah kotor harus segera dikuras dan diganti dengan minyak rem yang baru.

Karena minyak rem yang kotor akan dapat merusak komponen-komponen lainnya yang berada pada sistem rem, seperti piston, pada kaliper rem yang bisa saja macet karena berkarat akibat dari minyak rem yang kotor.

Yang perlu diingat adalah yang diganti bukan hanya minyak rem yang berada di reservoir, tapi minyak rem secara keseluruhan pada sistem harus diganti dengan cara melakukan prosedur bleeding untuk membuang minysk rem lama yang ada pada sistem rem. Bleeding dilakuakn melalui lubang nipel yang berada pada kaliper rem di keempat roda.

Jika minyak rem rajin dicek dan sekiranya mulai kotor diganti, maka akan membuat awet komponen dari sistem rem tadi. Lebih baik mencegah dari pada celaka nanti kan guys......




Demikianlah Artikel Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima

Sekianlah artikel Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima dengan alamat link https://otomotiflazada.blogspot.com/2017/04/perawatan-agar-rem-selalu-dalam-kondisi.html

0 Response to "Perawatan Agar Rem Selalu Dalam Kondisi Prima"

Posting Komentar