Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya

Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya - Hallo sahabat Info Otomotif | Tips Otomotif | Info Mobil | Berita Otomotif | Tips Mobil, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel asuransi mobil, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya
link : Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya

Baca juga


Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya


Asuransi TLO – Pemilihan asuransi kendaraan seperti mobil memang penting untuk dilakukan. Musibah atau resiko buruk yang sejatinya bisa datang kapan saja dan tidak hanya berasal dari kelalaian diri kita. Menjadikan pemilihan asuransi menjadi sasaran serta solusi terbaik yang dapat dilakukan.

Telah diketahui dalam klaim asuransi terbagi menjadi 2 yaitu asuransi all risk (komprehensif) dan asuransi TLO (Total Loss Only). Lalu apa itu asuransi TLO? Bagaimana pertanggungan klaim yang diberikan pada kendaraan kita?

Apa saja keuntungan dan kerugian memiliki asuransi TLO? Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai asuransi Total Loss Only atau TLO.

Pengertian Asuransi TLO (Total Loss Only)
Asuransi TLO adalah sebuah pertanggungan pihak asuransi yang memberikan klaim jika kendaraan mengalami sebuah musibah atau kerusakan hingga di atas 75%.

Klaim akan diberikan jika kendaraan benar-benar mengalami kerugian akibat kecelakaan, musibah bencana alam, kebakaran, tindak kriminal, pencurian total, dan lain sebagainya.

Patokannya adalah jika kendaraan mengalami kerusakan dalam kondisi yang sangat parah sekurang-kurangnya 75% yang tak mungkin lagi bisa digunakan sebagaimana mestinya. Artinya, bila terjadi kerusakan seperti body mobil yang beret, kena benturan, lampu pecah, maka pihak pengasuransi tidak bisa mengajukan klaim ke perusahaan.

Asuransi jenis ini memang kurang difavoritkan oleh sebagian kalangan, karena memang dianggap kurang menguntungkan serta tidak bisa memberikan klaim sepenuhnya. Membuat banyak pihak yang lebih memilih asuransi jenis all risk dibandingkan dengan TLO.

Namun disamping itu ada pula yang lebih nyaman karena pembayaran biaya preminya lebih ringan sehingga tidak terlalu memberatkan pihak pengasuransi.

Keuntungan dan Kerugian Asuransi TLO

Keuntungan Memilih TLO

•Biaya Premi Lebih Rendah

Untuk harga rata-rata biaya premi asuransi jenis TLO berkisar antara 0,8% – 0,1% dari harga jual kendaraan mobil. Misalnya jika kendaraan anda memiliki harga jual berkisar Rp 200 juta ke atas, maka biaya premi yang harus anda bayarkan adalah sebesar Rp 1,6 juta – Rp 2 juta per tahun.

Jika anda menambahkan perluasan tanggungan, maka anda cukup menambah biaya sekitar 0,05% – 0,13% saja. Ini jelas lebih ringan dibandingkan dengan premi asuransi all risk.

Dana Dapat Dialokasikan Untuk Kebutuhan Lain

Memang jika dibanding dengan premi asuransi jenis all risk, TLO bisa dibilang lebih rendah atau lebih murah. Keuntungannya adalah anda dapat mengalokasikan sisa data tersebut untuk kebutuhan lain.

Misalnya saja untuk kebutuhan perawatan kendaraan secara berjangka atau bisa juga untuk kebutuhan lain di luar itu.

Kerugian Memilih TLO

•Lebih Boros

Jika kendaraan mengalami kerusakan kurang dari 75% tentu anda tidak bisa mengajukan klaim ke pihak asuransi. Ambil contoh saja, jika mobil mengalami benturan dibagian pintu tentu anda harus mengeluarkan paling tidak Rp 750 untuk biaya perbaikan.

Hal ini akan berbeda ketika anda memilih asuransi all risk, dimana anda cukup mengeluarkan biaya Rp 300 ribu untuk setiap klaimnya. Selain itu total biaya keseluruhan bengkel juga akan ditanggung oleh pihak asuransi.

•Tidak Dapat Menanggung Kecelakaan Minor

Jika mobil mengalami kerusakan seperti beret pada bagian body, kaca spion yang hilang atau rusak, lampu mobil yang pecah, atau apapun itu selama kerusakan belum mencapai 75%. Maka anda tidak dapat mengajukan klaim asuransi kepada perusahaan.

Artinya anda masih harus mengeluarkan biaya pribadi untuk menanggung biaya perawatan minor tersebut.

Kesimpulannya adalah jika mobil anda digunakan untuk jam terbang tinggi dan rentan terhadap terjadinya resiko minor, maka pemilihan asuransi TLO bukanlah menjadi solusi terbaik.

Namun jika sebaliknya, mobil yang jarang digunakan sekaligus masih dalam wilayah yang aman, maka asuransi Total Loss Only bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.



Demikianlah Artikel Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya

Sekianlah artikel Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya dengan alamat link https://otomotiflazada.blogspot.com/2017/09/pengertian-asuransi-tlo-serta.html

0 Response to "Pengertian Asuransi TLO Serta Keuntungan dan Kerugiannya"

Posting Komentar